Langsung ke konten utama

ATURAN ISLAM MENCAKUP SELURUH ASPEK KEHIDUPAN

Islam bukan sekedar agama untuk memenuhi kebutuhan rohani semata yang dilakoni kaum Muslimin dengan beribadah ritual  di masjid-masjid atau berdoa semata.

Islam bukan sekedar ajaran atau ideologi yang harus dianut oleh para pemeluknya sebagaimana halnya Islam juga bukan sekedar sistem perekonomian yang integral.

Islam juga tidak hanya berisi  seperangkat prinsip dasar dan pandangan-pandangan yang bertujuan untuk membangun sistem dan memberdayakan masyarakat saja.

Islam juga tidak hanya mengatur etika dan moral dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Tetapi Islam adalah agama yang komprehensif, meliputi seluruh aspek kehidupan dengan segenap dimensinya. Karenanya, Allah SWT menjadikan agama yang sempurna ini sebagai anugerah bagi umat Islam. Allah SWT, “Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku dan telah Aku ridhai Islam  sebagai aturan hidupmu.” (Al Maa’idah: 3).
Ketika salah seorang dari kaum musyrikin dengan sinis berkata kepada sahabat Nabi, Salman Al-Farisi, “Sesungguhnya temanmu itu (Rasululullah SAW) mengajarkan kalian segala sesuatu termasuk kencing dan buang air besar?” Maka Salman Al-Farisi menjawab, “Ya, betul, beliau mengajari kami.” Kemudian dia memaparkan sejumlah hukum dan adab Islam dalam persoalan tersebut.

sumber: Panduan Praktis Muslim, Fahad Salim Bahammam

Komentar